Bahaya Root Pada Android





Banyak sekali tips-tips tentang cara melakukan rooting terhadap gadget android. Akan tetapi banyak yang belum tahu juga sobat-sobat pengguna android tentang bahaya rooting HP android. Sudah banyak yang mencoba-coba tanpa ilmu yang memadai, walau kadang hasilnya success tapi kadang banyak gagalnya dan cara penyelesaian terakhir harus 'nangkring' di tukang servis HP.


Memang banyak yang menggoda tentang adanya tips-tips root android. Dengan melakukan rooting, banyak yang bisa dilakukan dengan smartphone android, mulai dari mengakses beberapa menu yang tidak bisa diakses dari HP standart sampai melakukan instalasi aplikasi-aplikasi yang hanya bisa dilakukan dengan sistem operasi yang sudah di root.

Proses root sendiri bisa diibaratkan membuka sitemap ( peta ) rahasia yang seharusnya tidak boleh dibuka oleh yang tidak berkompeten atau bukan ahlinya. Bila salah dalam membaca peta rahasia tersebut bisa dipastikan akan tersesat dan hilang.Jadi bagi yang belum mempunyai ilmu tentang maintenance Android dan yang masih pemula dan cuma ingin mencoba-coba diharapkan jangan pernah mencoba me-root OS android. kalau memaksa ya ' resiko ditanggung penumpang'...hehe

Hal utama yang wajib diketahui tentang resiko dan bahaya melakukan rooting HP android adalah sebagai berikut :
  • HP yang gagal dilakukan rooting akan beresiko mati total
  • Hardware hp akan dipaksa bekerja keras dan bisa menyebabkan panas berlebih
  • Kinerja HP akan abnormal dan tidak seperti yang diharapkan
  • Rentan disusupi virus dan aplikasi-aplikasi jahat karena terbukanya firewall
  • Memperpendek umur hardware karena dipaksa melakukan hal-hal yang diluar ketetntuan vendor pembuatnya
  • Not guaranteed alias penjual HP tidak akan memberi garansi terhadap HP yang sudah dilakukan proses rooting.
Nah, sudah tahu bukan bahayanya melakukan rooting tanpa ada pendamping yang berkompeten ?, tapi bagi yang ingin coba-coba boleh-boleh saja asal sudah tahu kan akibatnya. Pengalaman adalah Guru yang terbaik.

Tambahan, kelebihan dan kekurangan root android :

Kelebihan dan Android yang telah di Root :
  1. Akses tak terbatas terhadap system Android
  2. Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
  3. Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
  4. Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
  5. Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
  6. Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processorsehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat

Kekurangan dari Android Yang Telah diRoot :

  1. Garansi HP hilang : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.
  2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya sobat juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat sobat instal dari google play seperti : avast, dll.

Post a Comment

0 Comments