AndroidXFree

Blog Tentang Dunia Android

Membuat Android Support USB OTG Dengan Mudah

Membuat Android Support USB OTG Dengan Mudah

USB OTG (On The Go) memungkinkan smartphone Android untuk membaca atau mentransfer file dari flashdisk ke perangkat atau sebaliknya melalui kabel Usb Otg.

Sudah banyak smartphone Android yang support Usb Otg, namun sebagian besar hanya untuk yang high class saja. Hal ini sangat wajar, semakin mahal harga smartphone semakin besar pula speknya, begitu juga fitur yang dibawa sudah pasti banyak dan canggih. Namun bagi pengguna Android menengah kebawah tidak perlu berkecil hati, karena ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini.

Membuat Android support Usb Otg itu mudah dan tentunya syarat wajib Android harus sudah dalam kondisi root. Ada beberapa cara supaya Android dapat membaca isi flashdisk yang ditancapkan melalui kabel Otg, diantaranya yaitu:
  • Dengan mengganti stock rom ke custom rom yang support usb otg.
  • Memakai aplikasi pendukung, tetapi akan berjalan jika Kernel android mendukung.
  • Menggunakan kabel Otg yang bercabang dua, dengan menjamper ke charger/power bank agar terkoneksi, cara ini sedikit ribet.


Sedangkan cara yang akan Saya share disini menggunakan aplikasi pendukung, namun ada sedikit tips yang harus diperhatikan. Meskipun kernel bawaan dari stock rom tidak mendukung tetapi sudah berhasil terkoneksi di Advan S4A mini milik Saya.

Langkah Pertama

Install aplikasi USB OTG Helper di Android, bisa Anda cari di playstore gratis atau langsung kesini.

Langkah Kedua

Pasangkan kabel Usb Otg yang sudah tersambung ke flashdisk kemudian buka Root explorer. Cari file yang bernama usbid_init.sh lokasinya di root/system/bin/disini.

Langkah Ketiga

Klik file usbid_init.sh tersebut kemudian pilih "Execute". Nanti muncul notifikasi OTG USB Helper, klik OK dan akan dibawa masuk ke aplikasinya. Pilih "Mount" untuk memulai koneksi dan"Unmount" untuk memutuskan.
support usb otg
support usb otg

Langkah Keempat

Setelah Anda pilih "Mount" bisa terlihat pada status bar muncul icon aplikasi tersebut. Disini Android sudah tersambung dengan flasdisk. Silahkan buka file manager dan akan terdapat folder baru bernama "UsbOtgDrives", yang merupakan tempat semua file dari flasdisk yang tersambung.
Perhatian
Setelah selesai menggunakan Usb Otg, smartphone tidak bisa di charge. Solusinya yaitu dengan reboot/restart akan kembali normal. 

Saya tidak bisa menjamin dengan cara diatas akan berhasil di semua smartphone Android, karena memang Saya sendiri hanya mencobanya di satu smartphone. Tetapi jika Android yang Anda miliki bermerek Samsung kemungkinan besar akan berhasil.
Previous
Next Post »
8 Komentar untuk "Membuat Android Support USB OTG Dengan Mudah"

wah gampang tuh kayaknya...kapan-kapan dicoba deh..ane mau coba untuk hp android ane moga aja berhasil..thanks infonya gan

Ooh jadi begini cara membuat Android agar dapat terbaca oleh USB OTG, terima kasih gan infonya...sip !!~

makasih gan artikelnya bermanfaat sekali

ada gan yang support OTG yang harga cuma 1 jeti gan... contohnya ASUS

wah android ada yang seperti ini ya, baru tahu ane gan

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 AndroidXFree - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia